Sulaeman Banten’s

Mei 16, 2008

Sertifikasi guru setitik air di tengah oase kehidupan pendidik…

Filed under: Pendidikan — sulaemanbanten @ 12:15 pm

Di tengah hiruk pikuk kehidupan anak manusia mengejar materi, harkat, pangkat dan derajat, guru menjadi pilihan profesi nomor tiga di pilihan jurusan dan pilihan kuliah bagi anak negeri yang sudah enam puluh tiga tahun merdeka dan bebas dari penjajahan ini.

Ketika ada seorang siswa kelas tiga SMA ditanya oleh kedua orangtuanya yang pekerjaannya sebagai guru ” nak,kalau kamu lulus UAN SMA nanti kamu mau melanjutkan kemana ?

Si anak yang dibesarkan dari hasil jerih payah,hutang pinjam dan banting tulang mengajar bapaknya menjawab ” Mau masuk fakultas kedokteran.” katanya tanpa menoleh pada orangtuanya yang guru.

” Kalau Kedokteran nggak lulus?” tanya sang ayah

”Masuk fakultas ekonomi, terus ke fakultas informatika kalau semuanya nggak lulus baru saya masuk UPI Bandung atau UNJ Jakarta atau FKIP Untirta Banten” Jawab sang anak ketus.

Dialog di atas menggambarkan betapa profesi guru menjadi pilihan ketiga bahkan keempat setiap anak manusia di negeri ini sehingga tidak mengherankan jika kompetensi guru masih dipertanyakan bahkan banyak diragukan dan disepelekan oleh sebagian orang, wajar jika mahasiswa Keguruan adalah mahasiswa buangan (istilah kasarnya…maaf) tetapi demokrat, politikus, negarawan, ulama, kiayi bahkan penjahat dan koruptor kelas kakap adalah hasil didikan bapak dan ibu guru yang selama ini masih disepelekan. Sadarkah orang-orang besar di negeri ini kalau mereka dulunya adalah seorang anak kecil yang tidak bisa membaca dan menulis, bahkan mereka belum dapat mengerti harus buang air besar dan buang air kecil dimana ? sehingga banyak diantara mereka berak dan kencing di celana.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: